Fakfak – Denia Adennisa Mursalim, remaja asal Fakfak telah mengharumkan nama Kabupaten Fakfak, Papua Barat ditingkat nasional maupun internasional setelah berhasil ditetapkan sebagai pelajar berprestasi termudah dari sejumlah pelajar Indonesia yang mendapatkan kesempatan untuk merasakan bersekolah di Amerika Serikat.

Anak bungsu dari pasangan H. Mursalim Nohong, M.Si dan Hj. Nur Asiah telah berada di Washington mengikuti orientasi lanjutan setelah kegiatan yang sama dilaksanakan di Jakarta, sebelum kemudian diberangkatkan ke Kota Franklin Negara Bagian Amerika Serikat untuk menekuni rutinitasnya sebagai pelajar pada Independen High School selama 1 tahun.

Denia Adennisa Mursalim alumni SD YAPIS Fakfak dan SMP-Islam Terpadu Assalam Fakfak, terakhir tercatat sebagai siswi kelas XI Madrasah Aliah Negeri Insan Cendekia (MAN-IC) Sorong.

Denia sapaan akrab menjadi satu-satunya pelajar dari Wilayah Papua yang dinyatakan lulus dan memenuhi syarat setelah melalui seleksi yang panjang dan ketat, sekaligus memastikan dirinya tercantum sebagai salah satu pelajar Indonesia yang bergabung dalam penerima bea siswa full dari Pemerintah Amerika Serikat tahun 2023/2024 melalui program American Field Study & Kennedy-Lugar Youth Excchange Studi (AFS-KLYES).

American Field Study & Kennedy-Lugar Youth Excchange Studi (AFS-KLYES) merupakan program pertukaran pelajar internasional yang setiap tahun memberikan kesempatan kepada pelajar-pelajar asal Indonesia dan negara-negara lainnya yang berminat dan memenuhi syarat untuk belajar di Amerika Serikat.

Beberapa tokoh nasional yang menjadi alumni dari program tersebut antara lain, Taufiq Ismail, Anis Baswedan, Mario Teguh, Joko Anwar, Indra Herlambang, Najwa Shihab dan lain-lainnya, Selamat untuk Denia, selamat untuk anak Fakfak, Papua Barat. (redaksi)