Fakfak – Kepolisian Resor Fakfak, Polda Papua Barat melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Keselamatan Mansinam 2024, di Lapangan Apel Mapolres Fakfak Jl. Thumburuni No. 1, Sabtu (2/3/2024).

Kapolres Fakfak AKBP Hendriyana, SE. MH Pimpinan Apel tersebut, sedangkan Komandan Apel Ipda Erwin Eka Putra, SH, diikuti  1 Regu Personel Subden POM Fakfak, 1 Regu Lanal Fakfak,1 Peleton Kodim 1803, 1 Pleton Brimob Polda Papua Barat.

Satu Pleton Dalmas, 1 Pleton Gabungan Staf,1 Pleton Reskrim Intelkam, 1 Regu Dinas Perhubungan / DLLAJR, 1 Peleton Komunitas Club Motor N-Max, dan 1 Regu Patroli Keamanan Sekolah (PKS).

Dalam apel ini Kapolres Fakfak AKBP. Hendriyana, SE, MH menyematkan pita tanda operasi dan pin pelopor keselamatan kepada perwakilan personil operasi.

Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol. Johnny Eddizon Isir dalam amanatnya yang dibacakan Kapolres Fakfak AKBP. Hendriyana menjelaskan, apel gelar pasukan yang dilaksanakan saat ini, untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung, sehingga dalam pelaksanaan operasi nanti, dapat berjalan dengan baik sesuai dengan ketentuan diharapkan.

“Perlu kita ketahui bersama bahwa Operasi Keselamatan Mansinam-2024 dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcar lantas menjelang bulan Ramadhan tahun 2024,” ujarnya.

Dikatakannya, operasi ini bertujuan untuk menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, mengingat tingkat kesadaran masyarakat dalam ketertiban lalu lintas sehingga terjadi pelanggaran berakhir dengan kecelakaan lalu lintas.

“Operasi Keselamatan Mansinam-2024 pada tahun ini akan dilaksanakan selama 14 hari dimulai tanggal 04 Maret sampai dengan 17 Maret 2024, dibarengi dengan pencanangan aksi keselamatan jalan secara serentak diseluruh indonesia dengan sasaran Operasi meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan yang berpotensi menyebabkan kemacetan dan laka lantas baik sebelum, pada saat maupun pasca Operasi Keselamatan Mansinam 2024,” katanya.

Adapun target dalam pelaksanaan operasi keselamatan Mansinam 2024, sebut Kapolda meliputi, Pengemudi kendaraan bermotor yang menggunakan ponsel saat mengemudi, Pengemudi kendaraan yang masih di bawah umur, Pengendara Roda dua berboncengan lebih dari 1 orang, Pengemudi yang tidak menggunakan helm dan safety belt, Mengemudikan kendaraan bermotor dalam pengaruh alkohol, Pengemudi yang melawan arus lalu lintas.

“Pengemudi kendaraan bermotor yang melebihi batas kecepatan serta menggunakan knalpot brong/bising, serta kendaraan yang tidak menggunakan plat nomor/TNKB dan melakukan monitoring pada titik rawan, yang dapat menyebabkan kecelakaan saat berlalu-lintas,” tuturnya.

Kapolda berharap, melalui operasi keselamatan ini, dapat mengurangi angka kecelakaan serta pelanggaran lalu-lintas, dengan mengedepankan tindakan preventif, edukatif dan humanis, sehingga memberikan kontribusi posistif dalam meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap aturan saat berlalu lintas.

Turut hadir dalam Apel Gelar Pasukan ini Wakapolres Fakfak Kompol Indro Rizkiadi, S.IK, Kepala Dinas Perhubungan Darat Kabupaten Fakfak, Komandan Subdenpom Fakfak, Perwakilan Jasaraharja Fakfak, Pejabat Utama Polres Fakfak dan Humas Polres Fakfak. (rls/pr)