Jayapura – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua menyebutkan kopi Papua masuk dalam pameran World of Coffee (WOF) Copenhagen, Denmark yang akan diadakan pada 27-29 Juni mendatang.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Faturachman di Jayapura, Jumat, mengatakan kegiatan di World of Coffee (WOF) merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari Festival Kopi Papua yang diselenggarakan pada Agustus 2024.

“Kopi Papua saat ini mendapat perhatian dan apresiasi tinggi di dunia internasional karena keunikan dan keunggulan,” katanya.

Menurut Faturachman, kegiatan World of Coffee (WOF) merupakan salah satu platform bergengsi tingkat dunia bagi para produsen maupun konsumen khususnya pecinta kopi untuk berkumpul, dan memperkenalkan produk unggulan.

“Jadi kegiatan World of Coffee (WOF) akan diikuti oleh Koperasi Produsen Emas Hijau Papua binaan Bank Indonesia dan menjadi momen penting untuk menunjukkan kualitas dan keunikan Kopi Papua,” ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya berharap melalui pameran tersebut kopi Papua tidak hanya memperkuat brand awareness, tetapi juga tercipta berbagai kesepakatan transaksi dagang (letter of intent) yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Papua.

“Kami terus berkomitmen untuk mengembangkan kopi Papua agar semakin dikenal lagi hingga ke mancanegara,” katanya.

Dia menambahkan yang mana dimulai dari penguatan kelembagaan dengan mendukung pembentukan koperasi produsen kopi, lalu peningkatan kompetensi produksi di sisi hulu melalui penerapan best practice SOP perkebunan kopi, kemudian optimalisasi pasca panen melalui peningkatan kompetensi serta memfasilitasi sarana dan prasarana yang diperlukan hingga akhirnya membuka wawasan dan pengetahuan pegiat kopi

“Dan kami juga memfasilitasi promosi perdagangan dan business matching kopi Papua dengan potential buyers di dalam dan luar negeri, untuk membuka akses pasar yang lebih luas,” ujarnya. (antara)