Saumlaki – Bakal Calon (balon) Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon resmi mengukuhkan atau melantik ribuan pengurus tim kerja pemenangannya pada Pemilukada September 2024 di pantai wisata desa Lumasebu, Selasa (24/10/2023) pukul 10:00 WIT hingga pukul 16:00 WIT.

Tim kerja pemenangan PF dikukuhkan itu berjumlah 2.000 orang yang terdiri dari tim kerja pemenangan di tingkat kecamatan Kormomolin dan 10 tim kerja di tingkat desa yaitu di desa Lorwembun, Alusi Batjas, Alusi Tamrian, Alusi Bukjalim, Alusi Kelan, Alusi Krawain, Meyano Bab, Meyano Das, Kilmasa dan Lumasebu.

Prosesi pelantikan diawali dengan acara pengukuhan adat oleh para tetua adat di wilayah Kormomolin. Para tetua adat yang berseragam pakaian kebesaran adat Tanimbar juga mengukuhkan PF sebagai utusan masyarakat adat dan mendoakannya untuk berhasil dalam bursa Pemilukada tahun 2024.

Setelah itu, PF bersama istrinya Joice Penturi Fatlolon dan rombongan serta tim kerja pemenangan di tingkat kabupaten di arak masuk ke lokasi acara dengan tari-tarian adat masyarakat setempat.

Prosesi pelantikan itu dilakukan secara bergilir, mulai dari pelantikan tim pemenangan tingkat kecamatan Kormomolin dan selanjutnya pelantikan tim pemenangan tingkat desa.

Para perwakilan masing-masing desa desa dan tingkat kecamatan itu di dampingi oleh pastor paroki Santo Yoseph, RD. Dami Laiyan, dan pastor paroki Santo Maria Asumta Alusi, RD. Pius Fenyapwain serta dua pendeta dari Gereja Protestan Maluku yaitu ketua majelis jemaat Lumasebu dan ketua majelis jemaat Kilmasa.

Dalam sambutannya, Bupati Kepulauan Tanimbar Periode 2017-2022 ini mengajak seluruh tim kerjanya untuk bekerja dengan menunjukkan jati diri sebagai orang Tanimbar yang beradat dan tinggi budaya, takut akan Tuhan dan menghindari perbuatan memfitnah kandidat lain.

“Kalau ada orang yang memfitnah kita, maka saya harap agar jangan kita balas dengan kembali memfitnah lagi, itu perilaku yang tidak benar,” katanya.

PF meminta agar tim kerjanya bekerja dengan tulus dan ikhlas, penuh rasa tanggung jawab dan jujur serta menjadi suri teladan yang baik di tengah masyarakat seperti tidak mabuk-mabukan.

Dia juga minta masyarakat mendukung program kerja pemerintah, gereja dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan tradisi yang telah ada.

PF menargetkan kemenangan 67% suara nanti dari 10 desa di kecamatan itu.

Pelantikan tim kerja pemenangan PF mendapat respon positif dari warga. Hal itu terlihat dari antusias warga yang datang dari desa-desa sejak pagi hari dengan berjalan kaki maupun menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Ada pula ratusan pengendara kendaraan bermotor maupun ratusan kendaraan roda empat telah menanti di desa Lorwembun dan melakukan konvoi bersama PF serta rombongan saat tiba di Lorwembun. Iring-iringan kendaraan itu melaju dari desa Lorwembun menuju pantai wisata Lumasebu.

Saat tiba di depan lokasi acara, dilakukan penjemputan secara adat. Selain itu, para pemuda dari desa Lumasebu dan Kilmasa turut terlibat dalam menyiapkan tempat acara secara sukarela serta bersedia membersihkan lokasi acara setelah pelaksanaan kegiatan berakhir, sehingga pantai wisata itu tetap bersih.

Para pemuda dari GPM di Lumasebu dan Kilmasa juga mengisi sejumlah atraksi dalam pelaksanaan acara, sehingga acara tersebut berjalan dengan nuansa kebersamaan dan penuh keakraban.

Disetiap pintu masuk sepuluh desa telah terpampang beragam baliho yang bertuliskan Petrus Fatlolon sosok pemimpin yang peduli dan melayani untuk Tanimbar.

“Kami hanya menginginkan pak Petrus Fatlolon sebagai Bupati Kepulauan Tanimbar periode mendatang karena hanya beliau yang tepat memimpin daerah ini,” ujar beberapa pemuda yang sedang sibuk mempersiapkan acara.

“Hanya pak Petrus yang tepat bagi kami. Antua (dia-red) adalah sosok pemimpin yang rendah hati dan pasti menang,” ujar Yoseph, seorang tokoh adat di desa Batjas.

Bakal Calon Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon Kukuhkan Ribuan Relawan Pemenangan Pemilu 2024 di Kormomolin. (Foto: PrimaRakyat/Blasius Naryemin)

Kegiatan pelantikan tim kerja pemenangan PF kecamatan Kormomolin dan 10 desa di kecamatan itu turut dihadiri oleh Ketua DPP partai NasDem bidang pemenangan Pemilu wilayah Maluku – Maluku Utara Rosita Usman.

Juga hadi Ketua DPW partai NasDem Maluku Hamdani Laturua, mantan Bupati dua periode kabupaten Maluku Tenggara Andreas Rentanubun dan rombongan fungsionaris DPW NasDem Maluku, DPD NasDem kabupaten Kepulauan Tanimbar, serta sejumlah anggota DPRD kabupaten Kepulauan Tanimbar. (pr-06)